Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Tuesday, 14 July 2009

SOAL STRUKTUR ATOM KELAS XI

SOAL PILIHAN GANDA

1.Informasi yang benar tentang enegi adalah ....
a.E = nhv
b.v = tetapan Planck
c.h = 6,26x10-24Jxs
d.Tetapan Planck = 10-34Jxs
e.jika temperatur naik, h tidak berubah
2.Pernyataan berikut benar, kecuali ....
a.kuantum merupakan paket kecil energi
b.tidak semua kuanta sama
c.foton adalah paket energi cahaya
d.Einstein : E = mc2
e.E foton = c/
3.Persamaan De Broglie = h/mv, pengertian yang benar adalah ....
a.m = mass (in kg)
b.v = viskositas m/s
c.h = tetapan Planck
d. = panjang gelombang
e. = h/E karena E = mv
4.Pernyataan yang benar tentang bilangan kuantum azimut adalah ....
a.hanya dapat memiliki 2 kemungkinan harga
b.memiliki simbol m
c.merupakan orientasi orbital
d.menunjukkan daerah terdapatnya elektron
e.makin besar bilangan kuantum ini, makin jauh letak elektron terhadap inti
5.Jumlah elektron orbital p (principal) suatu atom karbon pada keadaan dasar adalah ....
a.2
b.3
c.4
d.6
e.8
6.Kemungkinan terbesar elektron berada pada ....
a.orbital
b.nukleus
c.subkulit
d.kulit terluar
e.tingkat energi p
7.Pada umumnya atom-atom unsur transisi pada perioda ke 5 memiliki sub kulit yang elektronnya belum terisi lengkap. Subkulit itu adalah ....
a.3p
b.3d
c.3f
d.4p
e.4d
8.Suatu atom memiliki harga bilangan kuantum elektron terluar: n = 4 l = 0 ml = 0 ms = +1/2. Nomor atom atom tersebut adalah ....
a.19
b.20
c.25
d.29
e.30
9.Pernyataan yang benar untuk suatu elektron dengan bilangan kuantum n= 5 dan ml= -4 adalah ....
a.terdapat pada orbital p ke empat
b.mungkin berada di orbital f
c.memiliki harga ms = - ½
d.mungkin menduduki orbital p
e.kedudukannya tidak dapat ditentukan
10.Pernyataan yang sesuai dengan harga bilangan kuantum berikut n = 2, l = 2, ml = 0 adalah ....
a.elektron berada di orbital 2p
b.menyatakan salah satu orbital dari 5 orbital setingkat
c.elektron ybs berada di orbital 2d
d.harga bilangan kuantum itu tidak mungkin
11.Perhatikan bilangan kuantum berikut, n = 3, l = 2, ml = 0. Pernyataan yang sesuai adalah ....
a.harga itu tidak mungkin
b.merupakan salah satu dari 5 orbital setingkat
c.elektron berada pada orbital 2d
d.elektron terdapat di orbital 3p
12.Bilangan kuantum ml untuk elektron pada orbital 5s adalah ....
a.nol
b.satu
c.mungkin + ½ atau - ½
d.dapat memiliki harga 0 - 5
e.mungkin harganya berkisar antara -5 - +5
13.Jumlah elektron belerang (nomor atom 16) yang terdapat pada l = 1 adalah ....
a.2
b.6
c.8
d.10
e.12
14.Jumlah elektron atom argon pada n = 3 and l = 1 adalah ....
a.2
b.4
c.6
d.8
e.10
15.Konfigurasi elektron yang menunjukkan bahwa suatu atom tereksitasi adalah ....
a.1s22s22p63s2
b.1s22s22p63s1
c.1s22s22p5
d.1s22s22p6
e.1s22s22p53s2
16.Jumlah orbital dalam suatu atom unsur yang nomor atomnya 18 dan nomor massa 40 adalah ....
a.8
b.10
c.18
d.22
e.40
17.Suatu atom unsur dalam keadaan stasioner yang subkulitnya hanya separo terisi elektron adalah ....
a.helium
b.berilium
c.nitrogen
d.neon
e.oksigen
18.Berapa jumlah elektron tidak berpasangan dari atom oksigen pada saat stasioner?
a.1 d. 6
b.2 e. 8
c.4
19.Orbital yang memiliki tingkat energi tertinggi adalah ....
a.1s
b.2p
c.2s
d.3p
e.3s
20.Elektron dengan bilangan kuantum n = 5, l = 2 mungkin terdapat pada ....
a.6p d. 5p
b.6f e. 6d
c.5d
21.Subkulit mana yang terisi elektron dengan bilangan kuantum n = 4, l = 1? Berapa jumlah orbital dari subkulit itu jika jumlah elektronnya lebih banyak?
a.4p, 3 d. 4s, 2
b.4p, 6 e. 4d, 5
c.4s, 1
22.Diberikan harga bilangan kuantum elektron. Jawaban yang benar adalah ....
n l ml ms
1) 2 1 0 -1/2
2) 5 3 -1 -1/2
3) 3 2 +1 -1/2
a.2p,5f,3d d. 2s,5d,3p
b.2p,5d,3p e. 2p,5f,3p
c.2p,5f,3f
23.Identifikasi subkulit yang elektronnya mempunyai harga bilangan kuantum n = 6, l = 1.
a.6p
b.3d
c.5p
d.6f
e.6d
24.Orbital mana yang elektronnya memiliki bilangan kuantum n = 3, l = 2? Berapa jumlah orbitalnya jika semuanya terisi elektron?
a.3d, 5
b.3p, 3
c.2p, 3
d.3s, 1
e.2d, 5
25.Harga bilangan kuantum yang tidak mungkin adalah ....
a.n = 2, l = l, ml = 0, ms = + ½
b.n = 2, l = 1, ml = -1, ms = - ½
c.n = 3, l = 1, ml = -2, ms = + ½
d.n = 3, l = 0, ml = 0, ms = + ½
e.n = 3, l = 2, ml = 1, ms = - ½
26.Harga bilangan kuantum yang tidak terdapat pada atom hidrogen dalam keadaan tereksitasi adalah ....
a.n = 4, l = 1, ml = -2, ms = + ½
b.n = 3, l = 2, ml = 0, ms = - ½
c.n = 3, l = 2, ml = 2, ms = + ½
d.n = 2, l = 1, ml = -1, ms = - ½
e.n = 2, l = 1, ml = 0, ms = + ½
27.Harga bilangan kuantum elektron yang paling mudah dilepaskan oleh atom aluminum pada keadaan dasar adalah ....
a.n = 3, l = 0, ml = 0, ms = +1/2
b.n = 1, l = 0, ml = 0, ms = -1/2
c.n = 2, l = 1, ml = 0, ms = -1/2
d.n = 4, l = 1, ml = 1, ms = +1/2
e.n = 3, l = 1, ml = -1, ms = -1/2
28.Orbital suatu atom yang tidak mungkin adalah ....
7s 1p 5d 2d 4f
a.5d & 4f d. only 1p
b.1p & 2d e. only 4f
c.7s & 5d
29.Pernyataan yang salah adalah ....
a.Ketiga orbital p pada subkulit p setingkat
b.orbital d terisi setelah orbital p pada tingkat energi yang sama
c.terdapat 5 orbital d dalam tiap tingkat energi
d.orbital d maksimum dapat terisi 10 elektron
e.terdapat 7 orbital f pada tiap tingkat energi, mulai dari tingkat energi ke 4
30.Pernyataan yang benar adalah ....
a.terdapat 9 orbital f dalam subkulit f
b.orbital p maksimum dapat terisi 6 elektron
c.tiap subkulit p mengandung 2 orbital
d.orbital d maksimum dapat terisi 10 elektron
e.tiap subkulit dalam suatu kulit harus terisi elektron secara berurutan
31.Pernyataan yang salah adalah ....
a.terdapat 10 orbital d dalam subkulit d
b.orbital p maksimum dapat terisi 6 elektron
c.tingkat energi ke 3 tidak mengandung orbital f
d.orbital s berbentuk bola
e.tingkat energi ke 5 memiliki orbital f
32.Pernyataan yang benar tentang orbital subkulit f adalah ....
a.mungkin berisi maksimum 10 elektron
b.mengandung 7 orbital
c.ditemukan pertama pada kulit ke 5
d.keberadaan elektron hanya pada keadaan eksitasi
e.hanya terdapat pada unsur dengan nomor atom lebih besar dari 90
33.Elektron dengan bilangan kuantum n = 3, l = 2, m = 0, s = - ½ terdapat pada ....
1. kulit M 3. orbital d
2. orbital px 4. p
a.1, 2, 3
b.1, 3
c.2, 4
d.4
e.1, 2, 3, 4
34.Nomor atom Ca = 20, Cu = 29, K = 19, To = 22 dan Zn = 30. Ion yang memiliki elektron tidak berpasangan adalah ....
a.Ca2+
b.Ti4+
c.Cu2+
d.Zn2+
e.K+
35.Nomor atom titan 22. Jumlah elektron tidak berpasangan dalam Ti3+ adalah ....
a.0 d. 3
b.1 e. 4
c.2

No comments:

My Blog List

There was an error in this gadget