Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Sunday 15 March 2009

KUMPULAN SOAL KIMIA SKL-7 TAHUN 2009

SKL 7
Memahami reaksi oksidasi-reduksi dan sel elektrokimia, serta penerapannya dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.
a. Mendeskripsikan persamaan reaksi redoks.
b. Mendeskripsikan diagram sel volta.
c. Menerapkan hukum Faraday.
d. Mendeskripsikan fenomena korosi.

1. Diantara persamaan reaksi berikut, yang merupakan persamaan reaksi redoks adalah....
a. NaOH (aq) + HCl (aq) ---- > NaCl (aq) + H2O (l)
b. AgNO3 (aq) + NaCl (aq) ---- > AgCl (s) + NaNO3 (aq)
c. Zn (s) + CuSO4 (aq) ---- > ZnSO4 (aq) + Cu (s)
d. Pb(NO3)2 (aq) + 2 KI (aq) ---- > PbI2 (s) + 2 KNO3 (aq)
e. NaOH (aq) + H2SO4 (aq) ---- > NaHSO4 (aq) + H2O (l)
2. Pada reaksi redoks berikut yang berperan sebagai reduktor adalah ….
Sn + 4HNO3 --> SnO2 + 4NO2 + 2H2O
a. Sn
b. HNO3
c. SnO2
d. NO2
e. H2O
3. Diantara reaksi berikut yang merupakan reaksi redoks adalah .…
1. NaOH + H2SO4 --> NaHSO4 + H2O
2. H2 + Cl2 --> 2HCl
3. Reaksi alcohol ditambah dengan alkena
4. Reaksi glukosa dengan fehling
a. 1, 2, 3
b. 1, 3
c. 2, 4
d. 4
e. 1, 2, 3, 4
5. Pada reaksi mana H2O2 bertindak sebagai oksidator?
1. H2O2 + 2KI + H2SO4 --> I2 + K2SO4 + 2H2O
2. PbS + 4H2O2 --> PbSO4 + 4H2O
3. 2H2O2 --> 2H2O + O2
4. 2AuCl3 + 3H2O2 --> 2Au + 6HCl + 3O2
6. Bilangan oksidasi krom yang sama pada pasangan berikut adalah .…
a. K2Cr2O7 dan Cr2O3
b. K2Cr2O7 dan Cr(OH)4-
c. K2CrO4 dan Cr2O3
d. K2CrO4 dan Cr(OH)4-
e. Cr(OH)4- dan Cr2O3
7. Logam Na adalah pereduksi yang kuat, hal-hal tersebut dapat disimpulkan dari fakta-fakta berikut ....
1. Logam Na mudah bereaksi dengan air
2. Potensial ionisasi Na kecil
3. Potensial reduksi standar Na besar dan negative
4. Basa dari Na adalah basa kuat
8. Sesuai dengan reaksi belum setara di bawah ini: ClO2 + H2O --> HClO3 + HCl
Pernyataan yang benar adalah ....
1. Reaksi di atas adalah reaksi redoks
2. ClO2 hanya mengalami oksidasi
3. Reaksi yang stoikiometrik berlang-sung antara 2mol ClO2 dan 1mol H2O
4. H2O mengalami reduksi
9. Jumlah elektron yang terlibat dalam reaksi: 3As + 4NO3- + 4OH- --> 3AsO43- + 5NO + 2H2O adalah .…
a. 3
b. 5
c. 9
d. 12
e. 15
10. Pada reaksi Cl2 + 2KOH --> KCl + KClO + H2O, bilangan oksidasi klor berubah dari…
a. -1 menjadi +1 dan 0
b. +1 menjadi -1 dan 0
c. 0 menjadi -1 dan -2
d. -2 menjadi 0 dan +1
e. 0 menjadi -1 dan +1
11. Pada persamaan redoks
aMnO4- + 6H+ + bC2H2O4 --> aMn2+ + 8H2O + 10CO2
a dan b berturut turut adalah .…
a. 2 dan 3 d. 2 dan 4
b. 2 dan 5 e. 3 dan 5
c. 4 dan 4
12. Reduksi 1 mol ion BrO- menjadi ion Br- membutuhkan elektron sebanyak…
a. 2 mol
b. 3 mol
c. 4 mol
d. 5 mol
e. 6 mol
13. Dari 3 logam X,Y,Z diketahui: Y dan Z dapat membebaskan hydrogen dari larutan encer HCl, X dapat membebaskan Y dari larutan garamnya, dan hanya Z dapat membebaskan hydrogen dari air. Urutan ketiga logam tersebut berdasarkan daya reduksi yang menurun adalah…
a. X-Y-Z
b. Z-Y-X
c. Y-Z-X
d. X-Z-Y
e. Z-X-Y
14. Reaksi antara dua zat dibawah ini yang menghasilkan gas adalah…
a. Cu dengan larutan HCl encer
b. Ag dengan larutan HCl encer
c. Au dengan larutan HCl encer
d. Hg dengan larutan HCl encer
e. Mg dengan larutan HCl encer
15. Larutan 20 ml I2 tepat habis bereaksi dengan 10 ml Na2S2O3 0,2M.
Reaksi: I2(aq) + 2 S2O32-(aq) --> S4O62-(aq) + 2I-(aq)
Kemolaran I2 adalah…
a. 0,50 B. 0,40 C. 0,20 D. 0,10 E. 0,05
16. Reduksi 1 mol ion BrO- menjadi ion Br- membutuhkan elektron sebanyak…
a. 2 mol
b. 3 mol
c. 4 mol
d. 5 mol
e. 6 mol
17. Reaksi antara dua zat dibawah ini yang menghasilkan gas adalah…
a. Cu dengan larutan HCl encer
b. Ag dengan larutan HCl encer
c. Au dengan larutan HCl encer
d. Hg dengan larutan HCl encer
e. Mg dengan larutan HCl encer
18. Logam kadmium diletakkan dalam larutan CuSO4 1,0 M pada suhu 25°C, E°Cd2+½Cd =-0,40 V dan E° Cu 2+½Cu = 0,34 V. Yang benar adalah …. (E°= potensial standar)
a. Tidak terjadi reaksi antara Cd dan larutan CuSO4
b. Cd mereduksi ion Cu2+
c. Cu mereduksi ion Cd2+ yang terbentuk
d. Ion Cu2+ mereduksi Cd
e. Cd mereduksi ion SO42-
19. Diketahui :
Ni2+ + 2e ® Ni E°= -0,25 V
Pb2+ + 2e ® Pb E°= -0,13 V
Potensial standart sel volta yang terdiri dari elektroda Ni dan Pb adalah…
a. -0,38 V
b. -0,12 V
c. +0,12 V
d. +0,25 V
e. +0,38 V
20. Jika diketahui:
Zn + Cu2+ --> Zn2+ + Cu E° = 1,10 V
Sn2+ + 2e- --> Sn E°= -0,14 V
Cu2+ + 2e- --> Cu E°= 0,34 V
Maka potensial standar bagi reaksi, Zn + Sn2+ --> Zn2+ + Sn adalah ….
a. +1,44 V C. +0,96 V E. +0,62 V
b. +1,24 V D. +0,76 V
21. Dari 3 logam X,Y,Z diketahui: Y dan Z dapat membebaskan hydrogen dari larutan encer HCl, X dapat membebaskan Y dari larutan garamnya, dan hanya Z dapat membebaskan hydrogen dari air. Urutan ketiga logam tersebut berdasarkan daya reduksi yang menurun adalah…
1. X-Y-Z D. Z-Y-X
2. Y-Z-X E. X-Z-Y
3. Z-X-Y
22. Dari data potensial elektrode standar berikut
Cu2+ + 2e- --> Cu E° = 0,34 V
Ag+ + e- --> Ag E° = 0,80 V
Maka reaksi: Cu2+ + 2Ag+ --> Cu2+ + 2Ag
Memiliki potensial sel ….
A. 0,06 V C. 0,57 V E. 1,26
B. 0,46 V D. 1,14 V
23. Dari data E° Zn = -0,76 volt, dapat dikatakan bahwa dalam keadaan standar ..
a. Reaksi Zn2+ + 2e --> Zn selalu tidak spontan
b. Ion Zn2+ lebih mudah tereduksi daripada ion Zn2+
c. Ion H+ lebih mudah tereduksi daripada ion Zn2+
d. Zn mempunyai kecenderungan yang besar untuk larut sebagai ion Zn2+
e. H2 adalah reduktor yang lbh kuat daripada Zn
24. Diketahui data potensial reduksi standar sebagai berikut:
Eº A2+/A = -0,45 V
Eº B2+/B = -0,13 V
Eº C2+/C = -0,77 V
Eº D2+/D = -0,15 V
Maka reaksi yang dapat berlangsung dalam keadaan standar adalah . . . .
1. A2+ + B --> A + B2+
2. C2+ + B --> C + B2+
3. A2+ + D --> A + D2+
4. B2+ + D -->B + D2+
a. 1, 2, 3
b. 1, 3
c. 2, 4
d. 4
e. 1, 2, 3, 4
25. Diketahui data potensial reduksi standar sebagai berikut:
Eº A2+/A = -0,45 V
Eº B2+/B = -0,13 V
Eº C2+/C = -0,77 V
Eº D2+/D = -0,15 V

Maka reaksi yang dapat berlangsung dalam keadaan standar adalah . . . .
1. A2+ + B --> A + B2+
2. C2+ + B --> C + B2+
3. A2+ + D --> A + D2+
4. B2+ + D --> B + D2+
a. 1, 2, 3
b. 1, 3
c. 2, 4
d. 4
e. 1, 2, 3, 4
26. Diketahui data:
Cu2+ (aq) + 2eˉ -->Cu, Eº = +0,34 V
Pb2+ (aq) + 2eˉ --> Pb, Eº = -0,13 V
Mg2+ (aq) + 2eˉ --> Mg, Eº = -2,34 V
Data tersebut memberikan informasi bahwa akan berlangsung reaksi berikut . . .
1. Cu + Mg2+ (aq) (1M)
2. Pb + Cu2+ (aq) (1M)
3. Pb + Mg2+ (aq) (1M)
4. Mg + Cu2+ (aq) (1M)
27. Pada elektrolisis air, maka volum O2 yang terjadi pada anode tergantung pada
1. lamanya arus yang digunakan
2. tekanan dari gas O2 tersebut
3. lamanya elektrolisis
4. macam elektrode yang dipergunakan
28. Jika larutan natrium sulfat dielektrolisis dengan menggunakan elektrode platina .
1. pada anode terbentuk gas oksigen
2. larutan di sekitar anode bersifat asam
3. larutan di sekitar kaode bersifat basa
4. pada katode terbentuk logam natrium
29. Elektrolisis suatu larutan natrium klorida menghasilkan 11,2 liter (STP) gas Cl2 pada anode. Banyaknya muatan listrik yang lewat adalah…
a. 2,00 F
b. 1,50 F
c. 1,00 F
d. 0,50 F
e. 0,25 F
30. Pada proses elektrolisis NiSO4(aq), reaksi yang terjadi di sekitar elektrode A adalah .…
a. Ni(aq) +2e --> Ni(s)
b. 2H2O (l) + 2e --> 2OH- (aq) + H2 (g)
c. 2H2O (l) --> 4H+ (aq) + O2 (g) + 4e
d. Ni(s) --> Ni2+ (aq) +2e
e. 4OH- (aq) --> 2H2O (l) + O2 (g) + 4e
31. Pada suatu elektrolisis larutan MnSO4 pada katode terbentuk 0,28 gram logam M. larutan hasil elektrolisis dapat dinetralkan oleh 50 mL larutan 0,2 molar NaOH. Massa atom relatif unsure M adalah ….
a. 28 d. 70
b. 42 e. 84
c. 56
32. Elektrolisis suatu larutan natrium klorida menghasilkan 11,2 liter (STP) gas Cl2 pada anode. Banyaknya muatan listrik yang lewat adalah…
a. 2,00 F
b. 1,50 F
c. 1,00 F
d. 0,50 F
e. 0,25 F
33. Pada elektrolisis larutan KI dengan elektroda C, pada katoda terjadi reaksi....
a. A. 2 I– (aq) ---- > I2 (aq) + 2 e
b. 2 H2O (l) ---- > 4 H + (aq) + O2 (g) + 4 e
c. K+(aq) + e ---- > K (s)
d. KI (aq) ---- > K + (aq) + I – (aq)
e. 2 H2O (l) + 2e ---- > H2 (g) + 2 OH – (aq)
34. Pada suatu elektrolisis larutan MnSO4 pada katode terbentuk 0,28 gram logam M. larutan hasil elektrolisis dapat dinetralkan oleh 50 mL larutan 0,2 molar NaOH. Massa atom relatif unsure M adalah ….
a. 28
b. 42
c. 56
d. 70
e. 84

1 comment:

AdvenNita said...

gileeeee.. soalnya mantaab.. ak jdi tmbh pnter deh..thanks yap yg buat blog.. sukses sllu buat anak'' indo pinter..^^

My Blog List