Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Saturday, 15 August 2009

STOICHIOMETRY QUIZ Part II

1.If 100 cm3 of a hydrogen gas is added to 200 cm3 of a chlorine gas, forms hydrogen chloride gas (P,T). The volume of the product is ….
a.100 cm3
b.200 cm3
c.300 cm3
d.400 cm3
e.500 cm3
2.Two dm3 of CxHy gas burns in 5 dm3 oxygen gas. If there is 4 dm3 CO2(g), the chemical formula of CxHy is ….
a.C2H2
b.C2H4
c.C2H6
d.C3H3
e.C3H6
3.One dm3 of CxHy gas burns in 2 dm3 of an oxygen gas. If there is 1 dm3 of CO2(g), the chemical formula of CxHy is ….
a.CH4
b.C2H2
c.C2H4
d.C3H3
e.C3H6
4.Ethane gas, C2H6 is burned in air. The volume of ethane gas is 4,0 dm3. The volume of oxygen gas at the same P and T which needed in the burning is ….
a.3,5 dm3
b.7,0 dm3
c.10,5 dm3
d.14,0 dm3
e.28,0 dm3
5. Eight litters of hydrogen gas combines with x litters of chlorine gas to form eight litters of hydrogen chloride gas. The value of x is ….
a.2
b.4
c.6
d.8
e.10
6.Silver (Atomic mass 107.87) has two naturally-occurring isotopes with isotopic mass of 106.91 and 108.90. What is the percentage abundance of the heavier isotope?
a.47.24
b.51.82
c.48.16
d.49.05
e.50.95
7.The formula mass relative of copper(II) sulfate pentahydrate is …. (Ar Cu = 63,5; S = 32; O = 16; and H = 1)
a.159,5
b.249,5
c.255,5
d.313,0
e.403,0
8.The formula mass relative of barium hydroxide octahydrate is …. (Ar Ba = a; Ar O = b; and Ar H = c)
a.8 (a + 3b+ 4c)
b.(a + 2b + 2c) (16c + 8b)
c.(a + 2b + 2c) 8 (2c + b)
d.(a + 2b + 2c) + 8 (b + 2c)
e.(a + 2b + 2c) (2c + b)
9.Which of the following organic compounds has the lowest molecular mass? (ArC = 12, N = 14, H = 1).
a.C7H14
b.C6H10N2
c.C4H8N4
d.C7H11N
e.C5H11N3

No comments:

My Blog List