Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Monday, 3 August 2009

SOAL URAIAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN Bagian III

TITIK DIDIH DAN TITIK BEKU

1. Tentukan titik didih larutan 10 gram urea CO(NH2)2 (Mr = 60) dalam 200 gram air, jika Kb air 0,52oC/m.
2. Ke dalam 600 gram air dilarutkan 27 gram senyawa non elektrolit. Larutan mendidih pada 100,13°C. Jika Kb air = 0,52°C/m, berapa massa molekul relatif zat terlarut?
3. Sebanyak 3 gram zat non elektrolit X dilarutkan dalam 100 gram benzena menghasilkan kenaikan titik didih = 0,54oC. Bila kenaikan titik didih molal benzena = 2,7oC/m, berapa massa rumus zat X.
4. Titik didih larutan 6 gram urea dalam 100 gram air 101,3°C. Sekelompok siswa melarutkan x gram gula (Mr = 342) ke dalam 400 gram air. Agar titik didih larutan gula = larutan urea, berapa gram gula yang harus ditimbang?
5. Sebanyak 15 gram urea CO(NH2)2 dilarutkan dalam 250 gram air. Jika penurunan titik beku molal (Kf) adalah 1,86oC, hitung titik beku larutan itu.
( N = 14, H = 1, C = 12, O = 16)
6. Sebanyak 3,1 gram glikol (C2H6O) dilarutkan dalam 250 gram air, kemudian dicampur dengan 17,1 gram sukrosa (C12H22O11) dalam 500 gram air. Kf air = 1,86°C. (Ar : H = 1, O =anyak 16, C = 12). Tentukan titik beku campuran larutan.
7. Ke dalam 500 gram air dilarutkan 40 gram senyawa Fe2(SO4)3. Jika Kb air = 0,52°C/m; derajat ionisasi 0,8, maka kenaikan titik didih larutan tersebut adalah ....(Ar : Fe = 56, S = 32, O = 16)
8. Sebanyak 9,5 gram MgCl2 dilarutkan dalam 100 ml air, mempunyai derajat ionisasi 1. Jika Kf air = 1,86,maka penurunan titik bekunya adalah.... (Ar Mg = 24, Cl = 35,5 )

1 comment:

Tiara Aninditha said...

makasih banget yaaaaa soalnya aku izin copy ya Bu. buat bikin tugaskuuu. terimakasih! :)

My Blog List