Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Monday, 10 August 2009

REDOX REACTION QUIZ Part I

1.Which substance is being oxidized in the following reaction?
2HCl(aq) + Zn(s)  ZnCl2(aq) + H2(g)
a) H+(aq) ions
b) Cl-(aq) ions
c) Zn(s)
d) Zn2+(aq) ions
e) H2(g)
2.What is the oxidation number of Cr in K2Cr2O7?
a) +2
b) +3
c) +5
d)+6
e)+7
3.Given the following incomplete redox reaction, balance this equation in ACID solution with the set of smallest whole number coefficient:
Zn(s) + NO3-(aq)  Zn2+(aq) + N2(g)
Identify the CORRECT statement below:
a) Zn(s) and NO3- react in a 1 to 2 mole ratio, respectively.
b) Zn(s) and NO3- react in a 5 to 2 mole ratio, respectively.
c) Zn(s) and NO3- react in a 2 to 5 mole ratio, respectively.
d) Zn(s) and NO3- react in a 5 to 1 mole ratio, respectively.
4.Which oxidation number is INCORRECTLY identified?
a) the oxidation number of P in phosphorus acid, H3PO3is +5
b) the oxidation number of H in sodium hydride NaH is -1
c) the oxidation number of O in water is -2
d) the oxidation number of Mn in manganic acid, HMnO4 is +7
5.Which of the following is the INCORRECT statement?
a) Oxidation results in an increase in oxidation number.
b) Electrons are being transferred in a redox reaction.
c) The oxidizing agent in a redox reaction is oxidized.
d) Reduction is a gain of electrons.
6.In the reaction below, the oxidizing agent is ….
2NaCl + 2H2SO4 + MnO2 → Na2SO4 + MnSO4 + 2H2O + Cl2
a)Na+
b)Mn4+
c)Cl-
d)H+
e)O2-
7.Which substance is being reduced in the following reaction?
14H+(aq) + Cr2O72- (aq) + 6Fe2+(aq)  2Cr3+(aq) + 6Fe3+(aq) + 7 H2O
a) H+(aq)
b) Fe2+(aq)
c) H2O
d) Cr3+(aq)
e) Cr2O72-
8.Given the reaction:
4 HCl(aq) + MnO2(s) MnCl2(aq) + 2 H2O(l) + Cl2(g)
The manganese is ….
a) reduced and its oxidation number changes from +4 to +2
b) reduced and its oxidation number changes from +2 to +4
c) oxidized and its oxidation number changes from +4 to +2
d) oxidized and its oxidation number changes from +2 to +4
9.Given the reaction:
Pb(s) + Cu2+(aq)  Pb2+(aq) + Cu(s)
What is the reducing agent?
a) Pb2+(aq)
b) Cu2+(aq)
c) Pb(s)
d) Cu(s)
e) Pb(s) and Cu(s)
10.What occurs when an atom is oxidized in a chemical reaction?
a) a loss of electrons and a decrease in oxidation number
b) a loss of electrons and an increase in oxidation number
c) a gain of electrons and a decrease in oxidation number
d) a gain of electrons and an increase in oxidation number
11.Given the reaction:
3 Sn4+(aq) + 2 Cr(s)  3 Sn2+(aq) + 2 Cr3+(aq)
Which half-reaction represents the reduction that occurs?
a) Sn4+(aq) + 2 e-  Sn2+(aq)
b) Sn2+(aq)  Sn4+(aq) + 2 e-
c) Cr(s)  Cr3+(aq) + 3 e-
d) Cr3+(aq) + 3 e-  Cr(s)
12.Given the reaction:
Zn(s) + 2 HCl(aq)  ZnCl2(aq) + H2(g)
Which substance is oxidized?
a) Zn(s)
b) HCl(aq)
c) Cl-(aq)
d) H+(aq)
e) H2(g)
13.A redox reaction always demonstrates the conservation of ….
a) mass, only
b) charge, only
c) both mass and charge
d) neither mass nor charge
e) mass, volume, and charge
14.Given the redox reaction:
Mg(s) + CuSO4(aq) MgSO4(aq) + Cu(s)
Which species acts as the oxidizing agent?
a) Cu(s)
b) Cu2+(aq)
c) Mg(s)
d) Mg2+(aq)
e) SO42-
15.Which of the following ions is the weakest oxidizing agent?
a) Au3+
b) Cr3+
c) Hg2+
d) Ba2+
e) Mg2+

No comments:

My Blog List