Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Friday, 7 August 2009

CHEMICAL BONDING QUIZ XI Part II

11.The following substances which has the lowest melting point is ….
a.gold, Au
b.sand, SiO2
c.water, H2O
d.butane, C4H10
e.salt, NaCl
12.Which of the following is arranged in order of increasing boiling points?
a.CH4, HF, O2
b.HF, HCl, HBr
c.H2S, H2Se, H2O
d.H2O, He, N2
e.HF, H2O, NH3
13.How can the physical properties of substances be explained?
a.In terms of chemical bonds only
b.In terms of intermolecular forces only
c.In terms of chemical bonds and intermolecular forces
14.In terms of ionic bonding only
In general, what do the physical properties of substances include?
a.conductivity, malleability, solubility and hardness only
b.conductivity, malleability, solubility, hardness, melting and boiling point only
c.conductivity, solubility, hardness, melting and boiling point only
d.solubility, hardness, melting and boiling point only
15.The boiling point of water is about 200°C higher than one would predict from the boiling points of hydrogen sulfide and hydrogen selenide. One may explain this apparent anomaly by which of the following?
a.the H-O covalent bond is much stronger than the H-S and H-Se bonds.
b.the intermolecular attractive forces are much greater in water than in hydrogen sulfide and hydrogen selenide.
c.the water molecule is lighter than the other two molecules.
d.water has the lowest molecular weight.
e.water is less polar than hydrogen sulfide and hydrogen selenide.
16.The boiling point of CH4 is much lower than that of HF. This is because ….
a.CH4 is polar
b.HF is more polarizable.
c.of hydrogen bonding in HF
d.of dipole-dipole interactions in CH4
e.the molecule of HF linier
17.Based on the following information:
CF4, Molecular Weight 87.99, Normal Boiling Point -182°C
CCl4, Molecular Weight 153.8, Normal Boiling Point -123°C
The reason that CCl4 has a higher boiling point than CF4 is that ....
a.CCl4 molecules are more polar
b.CF4 molecules are more polar
c.CF4 molecule have a greater polarizability
d.CCl4 molecules have a greater polarizability
e.electronegativity of F atom is greater than Cl atom
18.The wrong statement about methane, ammonia, and water is ….
a.each molecule has certain shape
b.the geometry of methane is tetrahedral
c.the hybridization state of H2O is sp3
d.all molecules have the same geometry
e.the molecule shape of ammonia is pyramid
19.If the molecules of BF3 and NH3 are compared one of another, the correct answer is ....
a.BF3 is polar
b.BF3 doesn’t have lone pair electron
c.NH3 is non polar
d.NH3 has lone pair electron
e.The hybridization state of NH3 is sp2
20.The hybridization state of PCl5 is ….
a.sp
b.sp3
c.sp3d
d.sp2
e.sp3d2

No comments:

My Blog List