Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Monday, 10 August 2009

THE ANSWER OF CHEMICAL BONDING QUIZ X Part I

1.lewis structure of an atom shows ....
Answer : b.electrons in the outermost shell
2.How many dots are to be around Ne in its Lewis structure?
Answer (e.8)
3.Which element attains the structure of a noble gas when it becomes a 2+ ion? Answer : b.Ba
4.Which element attains the structure of a noble gas when it becomes a l+ ion?
Answer : a.K
5.How many dots would the electron dot-diagram of Mg2+ have?
Answer (b.2)
6.Which of the following atoms has the greatest tendency to attract electrons?
Answer : e.bromine
7.The distribution of charge is determined by the use of ….
Answer : e.valence shells
8.What do the following have in common? 20Ne 19F- 24Mg2+
Answer : d.They are isoelectronic with each other.
9.When bromine gains one electron it ….
Answer : b.becomes a negative ion with a larger radius
10.Which of the following substances does not belong to the major categories of compounds?
Answer : b.Li
11.In ionic bonds, nonmetals are most likely to ….
Answer : a.gain electrons
12.When a potassium atom reacts with bromine, the potassium will ….
Answer : a.lose only 1 electron
13.The negative ion F- has the same electronic configuration as the positive ion ….
Answer : c.Mg2+
14.Ionic bonds are formed when ….
Answer : b.valence electrons are transferred from one atom to another
15.When a reaction occurs between atoms with ground-state electron configurations of (2,1) and (2,7), the bond formed is mainly ….
Answer : a.ionic
16.Which compound contains ionic bonds?
Answer : b.CaO
17.Lithium and chloride react to form LiCl, an ionic compound. The chloride ion has ____ electrons in its outermost occupied shell.
Answer (d.8)
18.When a sodium atom reacts with a chlorine atom to form a compound, the electron configurations of the ions forming the compound are the same as those in which noble gas atoms?
Answer : d.neon and argon

No comments:

My Blog List