Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Sunday, 26 July 2009

SOAL STRUKTUR ATOM KELAS X

SOAL PILIHAN GANDA
STRUKTUR ATOM KELASX

1.Belerang dengan notasi S, berarti dalam atom unsur tersebut terdapat ….
a.16 proton, 14 elektron dan 14 netron
b.14 proton, 16 elektron dan 30 netron
c.30 proton, 30 elektron dan 16 netron
d.16 proton, 16 elektron dan 14 netron
e.16 proton, 16 elektron dan 30 netron
2.Suatu unsur X; jika membentuk ion X3+, maka terdapat ....
a.76 elektron di sekitar inti
b.76 proton di dalam inti
c.79 elektron di sekitar inti
d.79 netron di dalam inti
e.82 proton di dalam inti
3.Perhatikan atom-atom berikut: 8P15; 7Q15; 6R14; dan 7S14. Atom yang merupakan isotop adalah ….
a.P dan Q
b.R dan S
c.P dan R
d.Q dan S
e.A dan D
4.Unsur 17A mempunyai kulit elektron sebanyak ….
a.1
b.2
c.3
d.4
e.5
5.Ion X2+ mempunyai konfigurasi elektron 2, 8, 8. Nomor atom X adalah ….
a.16
b.18
c.19
d.20
e.22
6.Ion X-2 mempunyai konfigurasi elektron 2, 8, 8. Nomor atom X adalah ….
a.16
b.17
c.18
d.20
e.22
7.Jika atom X mempunyai elektron valensi 7 pada kulit N, maka nomer atom X adalah ….
a.25
b.27
c.32
d.35
e.38
8.Suatu atom A dengan konfigurasi elektron 2, 8, 8, 2, maka ….
a.nomer atom A = 10
b.massa atom A = 20
c.ion A2+ mempunyai 20 elektron
d.nomer atom dan nomer massa A = 20
e.nomer atom A = 20
9.Suatu atom mempunyai tiga kulit elektron dan lima elektron valensi serta mempunyai 16 netron, maka nomor atom dan nomor massa unsur tersebut adalah ….
a.15 dan 16
b.13 dan 31
c.15 dan 31
d.31 dan 13
e.16 dan 15
10.Konfigurasi elektron berikut yang tidak dijumpai pada suatu atom adalah ….
a.2e, 8e, 5e d. 2e, 8e, 8e
b.2e, 8e, 6e e. 2e, 8e, 9e
c.2e, 8e, 7e
11.Atom Al memiliki 13 elektron, kofigurasi elektron ion Al3+ adalah ….
a.2e, 8e d.2e, 8e, 3e
b.2e, 8e, 1e e.2e, 8e, 6e
c.2e, 8e, 2e
12.Unsur boron yang terdapat di alam terdiri atas dua jenis isotop dengan kelimpahan isotop I = 20% dan isotop II = 80%. Massa atom relatif yang memungkinkan adalah ….
a. 10,0
b. 10,2
c. 10,5
d. 10,8
e. 11,0

No comments:

My Blog List