Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Sunday, 26 July 2009

ATOMIC STRUCTURE PROBLEM FOR RSBI X

1.Explain the meaning of atomos which stated by Democritus.
2.In his atomic theory, Dalton stated there are 5 important points. Explain clearly one by one.
3.Dalton stated atoms are identical, and different atoms have different properties. Explain by using examples.
4. Atom can not be created and destroyed. What is the effect of these?
5.Explain an experiment done by Thomson so that he found electrons in the atom.
6.How about Thomson’s atomic theory? Draw the atomic model and explain.
7.Atom is neutral, although Thomson has discovered electrons. What Rutherford thought about this before he did his experiment?
8.Explain an experiment done by Rutherford, until he concluded that in the atom there was a very small space in the center of atom, which has a positive charge.
9.Draw Rutherford’s atomic model and give the information.
10.Who found proton and neutron? Both particles were found by Rutherford?
11.After proton and neutron were discovered, draw completely the development of Rutherford’s atomic model.
12.Notation of uranium is 238-U with atomic number of 92. Determine the number of protons, neutrons, and electrons.
13.How many neutron(s) hydrogen atom has, if its number of mass is 1?
14. Explain the meaning of isotope, isoton, and isobar. Give examples.
15. Rutherford’s atomic model has a weakness. What is that? Explain the reason.
16. Niels Bohr has covered Rutherford’s weakness toward his theory. Explain what Niels Bohr did.
17.Draw atomic model of Niels Bohr.
18. Write down electronic configuration of 20 first elements, from hydrogen till calcium.
19.How many electrons are in the Mg2+ ion? Explain the reason.
20.Valence electrons of Mg is 2. Explain please.
21.In an atom, electrons are arranged as inner electrons and valence electrons. Explain please.
22.Metals always form positive ions. Why?
23.Metals can conduct electricity. Explain the reason.
24.Negative ions can be formed by non metal elements. Why?
25.If a metal forms a positive ion, what happen with the atom?
26.If a non metal forms a negative ion, what happen with the atom? Is it similar with metal?
27.What another name of positive ion and negative ion?
28.Neon-10, isoelectronic with Na+1, Mg+2, Al3+, F-, and O-2 ions. Explain please.
29.Write down electronic configurations of the above ions.
30.The abundance of Cl-35 and Cl-37 isotopes are 75% and 25%. Calculate the average of chlorine atomic mass.

No comments:

My Blog List